9 Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan


Mentimun merupakan tanaman yang satu family dengan labu dan semangka (keluarga Cucurbitaceae). Seperti halnya semangka, mentimun terdiri dari sebagian besar (95 persen) air, yang berarti memakan mentumu pada saat siang hari apalagi di musim panas akan membantu anda terhindar dari dehidrasi.

Namun ada alasan lain kenapa harus memakan mentimun sepanjang tahun. Dengan kandungan vitamin K, vitamin B, tembaga, kalium, vitamin C, dan mangan, mentimun dapat membantu anda untuk menghindari kekurangan gizi. 


Ditambah lagi mentimun mengandung polifenol yang unik dan senyawa lain yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis dan masih banyak lagi.



Berikut ini merupakan 9 Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan

1. Melindungi Otak
Mentimun mengandung flavonol anti-inflamasi yang disebut fisetin yang memegang peranan penting dalam kesehatan otak. Selain meningkatkan memori Anda dan melindungi sel-sel saraf Anda dari penurunan yang berkaitan dengan usia, fisetin telah ditemukan untuk mencegah kerusakan memori serta mencegah penyakit Alzheimer.

2.  Mengurangi Resiko anda terkena Kanker
Mentimun mengandung polifenol yang disebut lignan (pinoresinol, lariciresinol, dan secoisolariciresinol), yang dapat membantu untuk menurunkan risiko kanker payudara, rahim, ovarium, dan kanker prostat. Mentimun juga mengandung fitonutrien disebut cucurbitacins, yang juga memiliki sifat anti-kanker. 

3. Mengurangi Peradangan

Mentimun dapat membantu respon inflamasi dalam tubuh Anda, dan studi hewan menunjukkan bahwa ekstrak mentimun membantu mengurangi peradangan yang tidak diinginkan, dengan cara menghambat aktivitas enzim pro-inflamasi.

4. Mengandung Antioksidan
Mentimun mengandung banyak antioksidan, termasuk vitamin C yang terkenal dan beta-karoten. Mentimun juga mengandung antioksidan flavonoid, seperti quercetin, apigenin, luteolin, dan kaempferol, yang memberikan manfaat tambahan. Misalnya, quercetin merupakan antioksidan yang banyak yang mencegah pelepasan histamin pembuatan makanan kaya quercetin "antihistamin alami." Kaempferol, sementara itu, dapat membantu melawan kanker dan menurunkan risiko penyakit kronis termasuk penyakit jantung.

5. Menyegarkan Nafas Anda
Menempatkan irisan mentimun di langit-langit mulut anda dapat membantu untuk menyingkirkan bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut. Menurut prinsip-prinsip Ayurveda, makan mentimun juga dapat membantu untuk melepaskan kelebihan panas dalam perut Anda.

6. Mengurangi Stres
Mentimun mengandung vitamin B, termasuk vitamin B1, vitamin B5, dan vitamin B7 (biotin). vitamin B dikenal untuk membantu meringankan perasaan cemas dan buffer beberapa efek merusak dari stres.

7. Mendukung Kesehatan Pencernaan Anda
Mentimun kaya akan dua elemen paling dasar yang dibutuhkan untuk pencernaan yang sehat: air dan serat. Menambahkan mentimun untuk jus atau salad dapat membantu Anda memenuhi ideal jumlah serat yang dibutuhkan tubuh Anda - 50 gram per 1.000 kalori yang dikonsumsi. Jika Anda berjuang dengan refluks asam, Anda harus tahu bahwa air minum dapat membantu menekan gejala akut refluks asam dengan menaikkan sementara pH lambung; itu mungkin bahwa mentimun yang kaya air dapat memiliki efek yang sama.


Kulit mentimun mengandung serat larut, yang membantu menambahkan melancarkan makanan dalam saluran pencernaan.

8. Mengontrol Berat Badan 
Mentimun sangat rendah kalori, namun mereka bisa menjadi makanan ringan (satu cangkir irisan mentimun hanya mengandung 16 kalori). Serat larut dalam mentimun larut ke tekstur seperti gel dalam usus Anda, membantu untuk memperlambat pencernaan Anda. Ini akan membantu Anda untuk merasa kenyang lebih lama dan merupakan salah satu alasan mengapa makanan kaya serat dapat membantu mengontrol berat badan.

9. Mendukung Kesehatan Jantung
Mentimun mengandung potasium, yang berhubungan dengan tingkat tekanan darah yang lebih rendah. Sebuah keseimbangan kalium baik di dalam dan di luar sel-sel Anda sangat penting bagi tubuh Anda untuk berfungsi dengan baik.

Sebagai elektrolit, kalium adalah ion bermuatan positif yang harus menjaga konsentrasi tertentu (sekitar 30 kali lebih tinggi dalam daripada di luar sel-sel Anda) untuk melaksanakan fungsi-fungsinya, yang mencakup berinteraksi dengan natrium untuk membantu kontrol saraf transmisi impuls, kontraksi otot, dan fungsi jantung.

Demikian 9 manfaat Mentimun yang sangat baik untuk kesehatan. Tulisan ini bersumber dari
http://articles.mercola.com/sites/articles/archive/2014/08/23/health-benefits-cucumbers.aspx

0 Response to "9 Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan"

Post a Comment